Backpacker

Persiapan Sebelum dan Saat Berangkat Menggunakan Kereta Api

9:59 AM,10 Comments

Naik kereta api…… tutttt…. tuttttt…… Siapa hendak ikut? Yuk ikut saya naik kereta api. Angkutan massa yang sudah sangat familiar sejak dulu kala. Kalau dulu orang yang tidak memiliki kendaraan pribadi dan ingin berhemat akan naik kereta api tapi sekarang sudah berbeda. Saya memilih naik kereta karena ingin nyaman dan supaya bisa beristirahat didalam kereta tanpa harus bersusah payah melawan kemacetan jalan raya. Tinggal beli tiket online lalu langsung pergi ke stasiun kereta api untuk naik gerbong sesuai dengan nomor kursi yang sudah dipesan sebelumnya.

Kereta Api
Persiapan Sebelum dan Saat Berangkat Menggunakan Kereta Api
Biasanya untuk jarak lokasi yang jauh saya lebih memilih menggunakan kereta api ketimbang menggunakan kendaraan umum lainnya seperti Bus atau Pesawat. Jika tidak terburu waktu dan untuk menghemat pengeluaran, biasanya saya memilih kereta malam agar bisa sembari tidur didalam gerbong. hemat menyewa hostel atau budget hotel bisa dialokasikan untuk naik kereta kelas eksekutif. Tempat duduknya nyaman dan bisa dibuat untuk tidur dengan bahagia. Tapi tetap saja untuk naik kereta api kita harus mempersiapkan beberapa hal agar terasa nyaman hingga sampai ditujuan.

Persiapan di rumah sebelum naik kereta api
  • Siapkan Tiket Kereta Api dan identitas diri

Sebelum berangkat dari rumah, pastikan semua informasi tiket kereta api pembelian online tersimpan didalam smartphone. Jika sudah dicetak, simpan kertas bersama identitas diri di tempat yang mudah dijangkau. Kadang struk disimpan di dalam tas, sehingga menyulitkan saat akan mencetak tiket di counter check in mandiri.
Beli dan siapkan minuman dan makanan ringan
Karena sudah lama berbenah, kini pedagang asongan tak lagi mudah dijumpai di stasiun kereta, apalagi di dalam kereta. Ada baiknya menyiapkan minuman dan makanan ringan dari rumah. Psstikan kebutuhan cairan terpenuhi, selain itu, harga makanan dan minuman di stasiun kereta api biasanya lebih mahal daripada harga toko kelontong dan toko modern di sekitar kita. Bawa bekal secukupnya dan dapat memenuhi kebutuhan selama perjalanan terutama air minum. Jangan sampai makanan dan minuman justru menambah repot.

  • Bawa juga alat hiburan atau buku


Pengalaman adalah guru terbaik. Untuk membunuh bosan biasanya saya membawa perangkat hiburan seperti headset, pemutar CD/MP3 portabel, dan buku terutama bila perjalanan yang ditempuh jauh. Di dalam kereta, aktivitas yang dominan adalah duduk-duduk sehingga kadang agak membosankan. Untuk mengusir kejenuhan, musik dan buku adalah sarana yang efektif. Saya tidak menyarankan juga jika membaca buku saat perjalanan malam hari, karena cahaya temaram akan merusak mata.

  • Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman


Pakaian yang nyaman sangat penting saat ingin menempuh perjalanan yang jauh naik kereta api ini. Sebab, kita akan kesulitan ganti baju di perjalanan. Selain itu, bila jaraknya jauh usahakan membawa jaket dan kaos kaki. Penggunaan AC di dalam gerbong sering membuat penumpang kedinginan, terutama bila jarak yang ditempuh agak jauh. Saya juga menyarankan menggunakan sepatu gunung dan kaus kaki. Bisa dipakai untuk aktifitas lainnya sekaligus. Paling penting, sepatu ini didesain tahan dingin, walaupun gerbong kereta api dingin, tubuh kita tetap hangat.

Saat Berada di Stasiun Kereta

  • Berangkat lebih awal


Saya menyerankan untuk datang lebih awal satu jam agar tidak kesulitan mengantri untuk check in mandiri, antrian masuk dan mengurus barang bawaan. Paling tidak, saat semuanya berjalan tenang, pikiran akan lebih nyaman tanpa dikejar waktu. Buru-buru membuat kita suka lupa.

Lalu pada saat berada di stasiun kereta api, apakah yang harus dikerjakan? masih ada hal hal yang harus dilakukan agar perjalanan bisa lancar sampai ditujuan. Mamri mempersiapkan diri di stasiun kereta api sebelum menaiki kereta

  • Cari komputer check-in mandiri atau loket tiket


Stasiun kereta api sudah mengadopsi bandara yang mempersilakan penumpang untuk self check in. Sekarang stasiun-stasiun besar sudah dilengkapi komputer untuk check-in mandiri. Tujuannya adalah mencetak tiket. Keluarkan informasi kode pemesanan, lalu masukkan ke satu-satunya bidang di komputer tersebut. Bila nama yang tertera sudah benar, cetak. Lalu tiket kita akan keluar dari mesin cetak yang terdapat di samping komputer. jangan lupa simpan print out di tempat yang amandan mudah dijangkau

  • Tunjukkan tiket dan identitas diri


Pegang tiket bersama dengan tanda pengenal berupa KTP atau SIM. Tinggal tunjukkan kepada petugas yang berjaga di pintu ruang tunggu stasiun. Setelah pemeriksaan selesai, kita akan dipersilakan masuk ke ruang tunggu. Simpan tiket tersebut di tempat yang mudah dijangkau. Tiket atau boarding pass itu akan diperiksa oleh petugas saat kita sudah berada di atas gerbong. Jadi jangan sampai hilang

  • Cari tahu jalur datangnya kereta


Cari informasi tentang jalur kereta yang akan kita naiki.Akan ada beberapa jalur kereta api dan biasanya ada beberapa petugas yang berlalu lalang yang bisa kita mintai informasi. Tanyakan kepada petugas yang berjaga di pintu masuk sebelum ruang tunggu kereta. Lalu, bila waktu keberangkatan sudah dekat, pindahlah ke jalur tersebut. Antri yang tertib di belakang garis kuning hitam agar kita tidak terserempet kereta api. Jangan mendorong-dorong penumpang yang sama-sama mengantri ya.


Kereta Api
Persiapan Sebelum dan Saat Berangkat Menggunakan Kereta Api
Persiapkan diri sebaik mungkin sebelum dan pada saat berangkat menggunakan kereta api. Jika memang menderita sakit yang cukup berat jangan naik kereta api ya, sebaiknya ditunda dulu hingga sehat. jika sakit ringan, jangan lupa membawa obat untuk berjaga-jaga. Jangan lupa berdoa dan semoga selamat sampai tujuan.

You Might Also Like

10 comments:

  1. aku suka naik kereta dari jakarta - bandung :D tapi kalau perjalanan lama kayak palembang - lampung yaaa semoga gak.. 12 jam hah...

    ReplyDelete
  2. Sip deh. Bermanfaat sekali nih buat sesama pecinta kereta api seperti saya :)

    ReplyDelete
  3. Nyaman memang naik kereta api..jarang mabuk kendaraan.

    ReplyDelete
  4. Wah ini blog yg lain ya mas?
    Iya kalau naik KA emang baiknya datang lbh awal, apalagi kalu tinggal di Jkt hehe

    ReplyDelete
  5. Naik kereta itu yg penting: anti macet :D
    Pesan tiket pun ga perlu jauh-jauh ke loket stasiun. Dari smartphone pun sekarang bisa.

    ReplyDelete
  6. Nice info. Kadang suka lupa persiapan karena buru2. Btw skrg ada E Boarding ya buat Kereta Api? Makin praktis deh

    ReplyDelete
  7. wah ini penting banget sebagai panduan untuk saya yang belum pernah menggunakan sarana transportasi kereta api

    ReplyDelete
  8. Yang asik dari Naik Kereta Api kalau saya pada saat siang. Karena mata bebas memandangi keluar dan melihat Desa, sawah atau gunung yang dilewati. Kadang sambil memotret. Kalau sudah bosan baru baca buku atau tidur.

    ReplyDelete
  9. Lokomotifnya keren, pertama naik kereta api beberapa tahun lalu. Setelah mengimpikan pengen naik kereta api dari kecil, baru kesampaian setelah udah besar :D

    ReplyDelete
  10. Buatku sih siapin headset dan buku untuk pengusir bosan selama perjalanan kak.

    ReplyDelete