Asmo Kalbar gelar GREEN KALCER - Engaging for The Future

Dalam rangkaian kegiatan ESG (Environmet, Social dan Governance) yang sedang digaungkan oleh AHM dan Asmo Kalbar bertajuk “Green Kalcer”

Dalam rangkaian kegiatan ESG (Environmet, Social dan Governance) yang sedang digaungkan oleh AHM dan Asmo Kalbar, pada bulan mei – juli 2024 akan dilaksanakan beberapa rangkaian acara, salah satu nya telah di laksanakan pada tanggal 4 Juli 2024 dengan acara bertajuk “Green Kalcer” telah dilaksankan di MDTC Astra Motor Kalbar. Acara ini mengajak berbagai wartawan dari beberapa media untuk ikut merasakan kegiatan ESG yang salah satu nya yaitu belajar bersama seluruh Main Dealer di Indonesia serentak untuk praktik membuat Pengomposan Sederhana hingga praktik Eco Enzyme.

Asmo Kalbar gelar GREEN KALCER - Engaging for The Future
Asmo Kalbar gelar GREEN KALCER - Engaging for The Future

Green Kalcer sendiri merupakan refleksi budaya masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup, dan merupakan sebuah konsep yang memadukan isu sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dapat memberikan pengertian yang mudah terhadap pentingnya penghargaan terhadap nilai-nilai dan pengetahuan lokal untuk menyelamatkan masa depan lingkungan hidup.

Acara yang di adakan secara Hybrid ini dilakukan dengan gabungan praktik yang di pandu melalu aplikasi zoom  bersama R.B Sutarno yaitu Hero ESG AHM dan Praktik langsung yang di pandu oleh team Asmo Kalbar di lokasi MDTC Asmo Kalbar agar peserta dapat secara nyata merasakan secara langsung bagaimana teknis pembuatan pengomposan dan Eco Enzyme tersebut.

Asmo Kalbar gelar GREEN KALCER - Engaging for The Future
Asmo Kalbar gelar GREEN KALCER - Engaging for The Future

Kegiatan ini merupakan turunan dari campaign (kampanye) yang sedang digaungkan yaitu ‘ESG Mission, Engaging for The Future’.

Mengutip Soesilo, 1989; Manusia dan lingkungan ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, keduanya sama-sama memberikan sumbangsih. Manusia membutuhkan lingkungan untuk hidup dan berperilaku, sedangkan tanpa manusia lingkungan juga tidak akan pernah ada. Oleh sebab itu dalam rangkain ESG, Green Kalcer menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan AHM dan Asmo Kalbar untuk membantu meningktakan kepedulian terhadap lingkungan dengan mengadakan beberapa rangkain acara ESG untuk saling membantu dan mewujudkan keberlanjutan serta kesadaran  dalam menjaga lingkungan.

Tidak hanya melalui kegiatan ini, hadirnya EV product terbaru Honda yaitu EM 1 E: juga merupakan bukti keseriusan AHM dan Asmo Kalbar dalam menjaga keberlangsungan lingkungan.

Dalam rangkaian kampanye ESG Mission ini, Astra Motor Kalbar akan melaksanakan beberapa kegiatan lainnya seperti jurnalis mengajar, kemudian akan ada juga Uji Kompetensi Keahlian hingga Safety Riding bersama Jurnalist.

Marketing Manager Asmo Kalbar, Gangga Nanda Adi S sebagai perwakilan manajemen menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai semangat kesatuan untuk menjaga dan merawat lingkungan sekitar terutama di Kalbar. “Dalam Misi yang sama dengan AHM, dan bagian dari Astra Motor Sustainability Initiatives 2030 yang salah satunya yaitu Optimalisasi Recycling dan Recovery dalam Pengelolaan Limbah Padat, Asmo Kalbar menjunjung semangat keberlanjutan dan berkomitmen untuk memberikan dampak baik untuk generasi kini dan generasi yang akan datang”.

Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kami juga berharap dapat terus menjalin sinergi atau kerja sama dengan banyak pihak-pihak terkait untuk dapat menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar, tutup Gangga.

Astra Motor, sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, memiliki komitmen kuat untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Hal ini diwujudkan melalui Astra Motor Sustainability Initiatives 2030, sebuah program yang dirancang untuk meminimalisir dampak lingkungan dan sosial dari bisnis perusahaan.

Empat Pilar Utama Astra Motor Sustainability Initiatives 2030

  • AM Health: Berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat melalui berbagai program seperti edukasi kesehatan, bantuan kesehatan, dan pembangunan infrastruktur kesehatan.
  • AM Smart: Mendorong kemajuan pendidikan dengan memberikan beasiswa, pelatihan keterampilan, dan membangun infrastruktur pendidikan.
  • AM Greeners: Menjaga kelestarian lingkungan melalui pengurangan emisi gas rumah kaca, pengelolaan sampah yang berkelanjutan, dan penggunaan energi terbarukan.
  • AM Growth: Memberdayakan masyarakat melalui program-program kewirausahaan dan pengembangan ekonomi.

Contoh Implementasi Astra Motor Sustainability Initiatives 2030

  • AM Health: Pada tahun 2023, Astra Motor telah membantu lebih dari 10.000 orang melalui program edukasi kesehatan dan bantuan kesehatan.
  • AM Smart: Astra Motor telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 1.000 pelajar dan membangun 10 sekolah baru di daerah terpencil.
  • AM Greeners: Astra Motor telah mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 10% dan menggunakan energi terbarukan untuk 20% kebutuhan energinya.
  • AM Growth: Astra Motor telah membantu lebih dari 5.000 UMKM untuk berkembang dan menciptakan lapangan kerja baru.

Dampak Positif Astra Motor Sustainability Initiatives 2030

  • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat
  • Melestarikan lingkungan
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi
  • Memperkuat citra perusahaan

Kesimpulan

Astra Motor Sustainability Initiatives 2030 adalah bukti nyata komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan. Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan, tetapi juga memperkuat daya saing perusahaan di masa depan.

Mari kita dukung bersama Astra Motor dalam mewujudkan masa depan yang lebih berkelanjutan!


16 comments

  1. Astra bisa dijadikan contoh buat perusahaan lain agar tetap peduli dengan lingkungan tak hanya mencari untung saja.
  2. Programnya Astra memang selalu keren dan bermanfaat bagi masyarakat di sekitar. Semoga saja bisa menjadi role model bagi perusahaan lainnya, sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantukan
  3. Hebat ya Astra motor bikin program peduli lingkungan. Dan masyarakat memang perlu sosialisasi untuk bikin kompos dan EM4 karena sangat berguna.
  4. Astra Motor Sustainability Initiatives 2030 merupakan langkah yang tepat dan patut diapresiasi. Program ini menunjukkan komitmen nyata perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).
  5. Hebat ini, inisiasinya dalam Pengelolaan Limbah Padat. Dengan begitu memikirkan pula akan kelestarian lingkungan sekitar. Semangat terus untuk AHM, semoga program ini terus berkelanjutan
  6. Setuju sih sama pak Soesilo, manusia dan lingkungan itu saling membutuhkan. Adanya Astra Motor Sustainability Initiatives 2030 ini, lingkungan dan manusia jadi makin 'akrab' ya.
  7. Memang benar adanya bahwa manusia dan lingkungan adalah dua hal yang saling membutuhkan. Bagaimana manusia bisa hidup tanpa adanya lingkungan. Begitu juga sebaliknya.
  8. Namanya Green Kalcer, ya. Keren sih Astra bisa kepikiran bikin program peduli lingkungan dan budaya kayak gini.
  9. Keren banget program CSR dari Astra Motor. Mereka ngga hanya kampanye keselamatan berkendara tapi juga peduli tentang lingkungan di sekitarnya. Program spt ini hrs diperbanyak, terutama Kalimantan yg msh jd paru2 dunia. Jgn sampe Kalimantan jg bernasib spt Jawa yg udh macet dan bikin sesak nafas.
  10. Makin terasa sekali semangat menjaga lingkungan nih dari Astra Motor. Apalagi menyebarkan pengetahuan tentang pengomposan dan eco enzym.
  11. Astra nih ada aja gebrakannya. Jika perusahaan pada umumnya nggak peduli dengan CSR yang harus dilakukan oleh perusahaan, Astra ini enggak. Bahkan sampe lingkungan dibenahi, bukan hanya masyarakat di sekitar perusahaan aja.
  12. Wah menarik acaranya kak, bermanfaat banget. Apalagi kalau di rumah tangga banyak sekali sampah yang bisa diubah menjadi kompos maupun ecoenzyme. Astra emang selalu paling bisa kalau mengadakan acara
  13. Patut diacungi jempol ini kegiatan dari Astra untuk program berkelanjutannya. Jelas bisa memberikan dampak positif kepada kita semua bahkan untuk lingkungan juga.
  14. Sudah seharusnya perusahaan-perusahaan, apalagi yang sebesar Astra, berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan dan kelestarian lingkungan. Komitmen yang bener-bener lho, bukan yang sekadar seremonial.
  15. Program CSRnya Astra memang selalu keren, lebih banyak peduli pada lingkungan. Btw Green Kalcer, ini apakah yang dimaksud "kalcer" dari kata kultur (culture) ?
  16. Ide bagus untuk senantiasa berkarya, namun tetap menjaga lingkungan hidup secara bersama-sama, mengajak masyarakat luas untuk turut berpartisipasi dalam Astra Motor Sustainability Initiatives 2030.
© My Life My Style. All rights reserved. Premium By Raushan Design