Blogger Merdeka

Blogger Profesional, Merdeka Menulis dengan Bahagia

7:22 AM,34 Comments


Blogger Profesional, Merdeka Menulis dengan Bahagia. Dulu setiap selesai traveling, semua dituliskan dalam buku diari. Sekarang, semuanya dituangkan dalam blog. Manual menjadi digital, semuanya berubah sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir. Tentu ini jadi hal menyenangkan bagi Ransel Dony karena bisa berbagi dan berguna bagi lebih banyak orang. Kalau menulis di diari, pembacanya hanya diri sendiri tapi kalau di blog semua pengguna internet bisa membacanya.

Blogger Profesional, Merdeka Menulis dengan Bahagia
Blogger Profesional, Merdeka Menulis dengan Bahagia
Mengangkat ransel, menuju negara antah berantah bukan hal aneh zaman sekarang, karena sudah banyak yang berbagi maka backpacker jadi lumrah bagi semua orang. Lihatlah, berbagi sungguh menyenangkan. Ransel Dony senang bisa menjadi bagian perkembangan dunia digital yang terus bergerak dengan pesat. Bebas menulis dan jadi Blogger Merdeka

Blogger, Riwayatmu Dulu
“Sejak kapan jadi Blogger?”. Tanya seorang teman.
“Apaan? aku ngga pernah daftar kerjaan begitu”. Ucapku saat itu.
“Kan sering nulis cerita pengalaman di Internetkan?, klo pake media blogspot namanya blogger”.

Ucapan Sinyo, teman internetan zaman MIRC, 10 tahun lalu masih terngiang jelas. Dari situ baru Ransel Dony tahu bahwa kegiatan itu bernama ngeblog dan orang yang melakukannya adalah blogger. Kegiatan ini terus berkembang dan platform yang digunakan semakin banyak, tergantung dimana zona nyamannya. Blogger bebas menulis dimanapun dan menuangkan segala macam ide, gagasan, hingga kritik dan curahatan hati. Ada yang menggabungkannya semua jadi satu dalam blog ada pula yang lebih memilih menulis sesuai minat dan hobi.

Ransel Dony pun melakukan hal yang sama. menulis untuk berbagi tanpa maksud apapun selain berbagi. Semuanya bertujuan untuk menceritakan petualangan agar memudahkan orang lain untuk melakukan perjalanan yang sama. Karena blogging, sayapun banyak belajar untuk membuat tulisan lebih nyaman dilihat dan dibaca. Fotografi dan editing, teknik menulis dengan bercerita, mengalir namun detil dipelajari dengan seksama. Serunya lagi, jaringan pertemanan juga bertambah luas karena saling belajar dan berbagi pengalaman. Dunia blogger mengajarkan banyak hal baru dari berbagai penjuru dunia.

Dahulu, Blogger belum masuk kategori pekerjaan, hanya bagian dari penyaluran hobi tulis menulis di dunia digital. Blogger dulu tanpa banyak tekanan, harus paham SEO, teknik menulis, fotografi atau desain grafis. Cukup merangkai kata lalu melepas semua inspirasi dalam karya tulisan ditambah gambar pendukung. menyusunnya dalam beberapa bab yang kemudian dibuka sendiri jika ingin mengingat semua kenangan. Diari elektronik yang bisa dibawa, diakses, dan dibaca kapan saja, mungkin juga ditunjukkan kepada teman dengan rasa bangga. Tentu dulu tak sama dengan sekarang.

Blogger Profesional, Kebutuhan Zaman Now
“Kamu mau dapet duit lewat ngeblog?”, tanya Eky
“Caranya?”. Tanyaku balik.
“Nih ada dua kerjaan, pertama datang ke acara peresmian hotel ini, lalu kamu tulis pengalaman menginap disana. Gampangkan?”. Lalu Eky menyodorkan formulir yang harus diisi.

Dari informasi yang terbaca, ini adalah undangan peresmian Hotel bintang lima, jaringan Hilton di Kuala Lumpur. Saya mendapat tiket transportasi pulang pergi dan akomodasi 2 hari 1 malam, lengkap dengan tawaran mencicipi segala fasilitas nomer wahid. Tidak hanya itu, saya juga mendapat uang saku beberapa ratus dolar. Ini adalah pengalaman saya pertama kali jalan-jalan gratis dengan fasilitas mewah yang tidak pernah didapatkan sebelumnya.

Oh My God! Otak ini segera berputar keras, minim pengalaman memaksa untuk belajar. Harus belajar segera dari blogger yang punya kemampuan mengeksplorasi dan menulis mengenai review hotel. Ransel Dony merasa naik kelas dan harus memberikan hasil kerja yang maksimal. Menerapkan sistem ATM (Amati, tiru, Modifikasi) adalah cara yang pertama kali diterapkan untuk project kali ini. Saya akan berusaha tidak mengecewakan pemberi pekerjaan, janji untuk bekerja keras harus tunai. Ulasan terbaik, gambar terbaik, akan dirangkai sehingga jadi tulisan berkualitas. Sebagai  blogger Baru Gede, Semuanya akan dikerjakan sebaik mungkin. Ini adalah portofolio pertama dan hasilnya harus dapat dibanggakan kelak.

Dari titik ini, Ransel Dony belajar banyak, banyak sekali ilmu pendukung yang harus disiapkan untuk menjadi profesional blogger. Ada pula batasan, etika dan aturan yang mau tidak mau harus dipenuhi. Blogger tidak bisa seenaknya menulis karena akan berhubungan langsung dengan keberlangsungan kerjasama atau tawaran pekerjaan berikutnya. Profesional tentu menyangkut dengan profesi, profesi memiliki etika, baik tertulis maupun tidak. Dengan makin banyaknya bisnis dan usaha yang melirik dunia digital sebagai tempat berpromosi tentu menyebabkan makin banyak blogger terkenal dan eksis dikalangan brand maupun agency. Semuanya harus berlomba menunjukkan jati diri dan kiprahnya. Dunia persaingan blogger Indonesia yang semakin bergelora membuat blogger harus mampu selalu muncul dipermukaan sehingga membangun personal branding jadi cara untuk bisa tampil beda. Membentuk jati diri yang tidak bisa ditawar lagi jika ingin menjadi blogger profesional.

Menjadi profesional blogger artinya harus punya konsep bagus dalam menulis dan mampu menuangkan ide kreatif dengan tepat serta memiliki minat di bidang yang ditekuninya. Kemampuan marketing, networking, desain, fotography menjadi tambahan penting membentuk jati diri blogger profesional.  Tulisanpun harus menarik bagi manusia dan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Tentu saja, jika sudah memenuhi semua kaidah,  akan bermuara pada jumlah penghasilan. Semakin berkualitas dan berkelas tentu pendapatan akan besar. Ransel Dony ingin berada di posisi ini, karena blogger profesional punya kemampuan menawar pekerjaan yang diberikan. Artinya ia bisa Merdeka menjadi Blogger!

Blogger Profesional = Blogger Merdeka
Tentu! Saya meyakini itu. Selain belajar dari beberapa blogger hits. Ransel Dony juga pernah mendapatkan beberapa penawaran ulasan produk, memang ada beberapa brief yang harus diikuti namun saya tetap bisa “nawar” untuk beberapa project. Aturan sebagai pagar tapi saya bebas memilih bunga apa yang mau ditanam didalam kebun asal terlihat indah dan sesuai dengan bunga yang saya suka. Begitulah kira kira perumpamaannya.

Bahkan terkadang, jika brand sudah jatuh cinta maka mereka membebaskan apapun review yang dibuat karena sudah percaya dengan hasil dan kualitas yang diberikan. Memang kepercayaan adalah salah satu kunci keberhasilan professional blogger. Blog ibarat rumah dan harus dibuat menarik tampilannya, selain itu isinya pun harus bernas. Demi mendukung rumah, sang pemilik juga harus beretika dan menjaga nama baik agar semakin dicintai oleh sesame blogger sekitar dan brand.

Menjadi profesional blogger artinya siap untuk menjadi blogger terkenal. Tapi ingat, jangan angkuh saat berada diatas karena roda bisa saja berputar dengan cepat. Belajar juga harus terus dilakukan, karena semakin banyak blogger Indonesia terkenal lainnya yang akan muncul, jangan dianggap sebagai pesaing tapi sebagai sahabat untuk bekerja sama. Bisa jadi nantinya akan ada project yang dikerjakan bersama.

Profesional Blogger, Makhluk Sosial Yang Perlu Mitra
Sehebat apapun, tentu tak bisa mengerjakan semuanya sendiri. Blogger Indonesia Perlu dukungan, sokongan dan mitra untuk bekerja sama. Salah satu yang selalu menjadi mitra banyak Blogger Indonesia dan Profesional Blogger adalah MB Communication. MB Communication merupakan salah satu agency digital marketing profesional di Indonesia yang melayani jasa SEO berkualitas dan terpercaya, content marketing,  creative branding, dan cyber public relation. Tentu ini memudahkan kerja bagi blogger. Paling tidak, banyak pekerjaan yang bisa dituntaskan. Bagi blogger terkenal yang memiliki banyak klien, tentu ini solusi yang menyenangkan.

MB Communication juga memiliki banyak program dan workshop yang sayang untuk dilewati. Menjadi mitra dan bekerja sama tentu akan mendapatkan banyak keuntungan. Ransel Dony pun sudah merasakan banyak ilmu yang didapat saat mengikuti workshop, salah satunya yang diadakan di Pontianak beberapa waktu lalu, dengan tajuk “From Zero to Hero 2, Pelatihan Basic SEO” bersama Mira Utami. Selanjutnya akan diadakan pula “From Zero to Hero 3, Profesinalisme Seorang Blogger”, bersama Kartika Ika Sari dan Febryan Lukito. tanggal 4 Agustus nanti di What’s Up Café.

Blogger Merdeka, Impian Ransel Dony
Menjadi Blogger Merdeka tentu impian semua Blogger Indonesia, menulis bebas tanpa terkekang aturan kaku klien namun menghasilkan tulisan berkualitas dan bermanfaat bagi semua orang tanpa mendikte untuk menggunakan produk atau jasa yang disematkan. Menjadi Profesional Blogger tentu menjadi kebutuhan di zaman digital yang penuh persaingan. Menjadi Blogger Terkenal adalah bonus, tapi ingat, label ini biasanya disematkan orang lain bukan kita sendiri yang menambahkan. Jangan angkuh, terus belajar dan bermitralah! Syarat penting lainnya, Blogger profesional harus memiliki akhlak yang mulia, beretika dan menjunjung tinggi kejujuran dan kepercayaan.



You Might Also Like

34 comments:

  1. Suka dengan potongan kalimat yang ini: Jangan angkuh, terus belajar dan bermitralah!

    Aku juga memiliki impian menjadi blogger merdeka, Mas Dony.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita bisa jadi mitra kelak di suatu project ya mas :)

      Delete
  2. Setuju, meski kita dapet uang dari ngeblog, tapi kalo ada brief yang gak sesuai dengan diri kita, atau apa yang kita pegang, mending kita cancel aja. Atau kalo bisa, dibicarakan dulu sama kliennya. Aku sering begini. Blogger profesional pun harus bisa merdeka. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau emang rejeki ngga bakalan lari kemana ya kak. pasti job nya bakal baliklagi hehehe

      Delete
  3. Sekarang blogger pun bisa dapet duit ya. Apalagi mulai banyak nih yang mau jadi blogger profesional. Nggak kalah sama yag kerja kantoran ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dihitung hitung bulanan nya jauh lebih besr kak

      Delete
  4. Aku juga merdeka kok tapi ga boleh bablas sebab aku takut viral nih, merdeka bagi aku artinya ga bablas deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting pakemnya masih aman dan terkendali hehehe

      Delete
  5. Wah keren nih pengalaman gebloggernya, sukses terus ya ranseldony jadi blogger keren selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin kak... semoga lancar dan terus berada dijalan yang benar hehehehe

      Delete
  6. siapa juga yang tak mau jadi penulis yang merdeka, merdeka dalam menuangkan pikiran dan merdeka secara finansial eaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  7. Pengeeen banget kadang jadi full time blogger gitu, apalagi jalo bisa nulis yg sesuai ama hobiku :). Tapi masih aja galau kalo harus ninggalin kerja kantoran, yg walo bukan passionku, tapi benefit dan gaji yg diterima blm tentu bisa aku dapetin kalo dr blog :D. Masih berat kesana sih sampe skr. Tp moga2 ntr, kalo memang udh jenuh ama kantor, jd blogger penuh waktu bakal aku pikirin :)

    ReplyDelete
  8. Sekarang Blogger jadi profesi dan wajib ptofesional juga walaupun nulisnya suka-suka ala kita. Jangan sombong dan tetap jaga kepercayaan

    ReplyDelete
  9. Ya Allaaah.. mirc.. chatingan jaman dulu. Hahaha.. ngalamin juga? Nulis diary lagi.. xixixixi..kirain aku aja yg begitu. Ternyata lamaan mas dodon ya ngeblognya. 10 tahun. Saya baru 9th. Xixixi. Senang deh dpt teman seangkatan.

    ReplyDelete
  10. Blogger skrng harus bisa ini itu, meluangkan waktu utk networking dll. Namun tetep jaga attitude jgn senggol sana sini hehe. Masih belajar jg biar bisa jd pro :D Semangatt!

    ReplyDelete
  11. Seneng ya kalo bisa jalani hobi sambil dibayar. Kebanyakan blogger kan gitu ya biasanya. Dan aku sedang belajar menekuninya dengan lebih 'tenanan'.

    ReplyDelete
  12. Aku jadi dapat istilah baru: BBG. Bloger Baru Gede 😂😂

    Wuiiii tawaran pertamanya enak ya, nginep, jalan2 gratis, dikasih dollar. Job pembuka yang menggiurkan.
    Hmm, aku sejujurnya belum sih. Pengen. Yaaa semoga kesampaian dalam waktu dekat. Aamiin, hehe

    ReplyDelete
  13. wow udah 10 tahun, salim hehehehe
    Pengalaman yang luar biasa Mas Donny, kapan ya aku bisa kayak gitu...

    ReplyDelete
  14. Wuaaahh kak don kamu dah lama juga jadi blogger. Semoga aku bisa terus semangat dan bertahan jadi blogger hehe

    ReplyDelete
  15. Wah sepakat banget nih. Saya juga ngeblog awal masih belum seheboh sekarang dunia ngeblog. Sekarang semua serba cepat. Jadi mau enggak mau juga ngikutin. Ikut arus boleh, asal tetap punya jati diri

    ReplyDelete
  16. Wah mas dony sudah nulis blog selama 10 tahun, mantap betul itu bisa nikmati menginap gratis di hilton plus dapat uang saku pula..

    Ya memang benar sekarang blog bisa menjadi tempat lain untuk mencari uang, bisa l3wat tulisan atau sponsor/endorse produk.. Sebagai ajang promosi produk, jaman sekarang sering bgt menggunakan blog sebagai media promosi nya

    ReplyDelete
  17. Ternyata selain ABG (anak baru gede) ada juga BBG (blogger baru gede) ya...hahaha!
    Eeh, Mas Dony udah 10 tahun ngeblognya ya? Sudah nyaman dengan ngeblog ya, Mas? Keren, deh!

    ReplyDelete
  18. Salut sekali dengan blogger yang bermental merdeka.
    Karena selama ini, aku merasa masih belum merdeka.
    Hiiks~

    Memiliki akhlak yang mulia, beretika dan menjunjung tinggi kejujuran dan kepercayaan.

    ((langsung catet))

    ReplyDelete
  19. Aamiin mas don.. semoga kelak menjadi blogger profesional serta jadi blogger yang rendah hati dan terus mau belajar untuk jadi lebih baik dari sebelumnya... Saya malah sekarang sudah menjadi setengah blogger mas ..

    ReplyDelete
  20. ATM ___ amati tiru modifikasi

    Laff ini, ihh kamu uda gaul bgt ya dr jaman M1RC hahha blogher lama ...

    Sampe saat ini nama blogger uda melekat ya walooun beda platform yg digunakan.
    Bravo blogger...

    ReplyDelete
  21. Setuju kak!

    Kita harus jadi Blogger profesional yang memanfaatkan era digital untuk menyebar informasi atau tulisan yang baik. Jadi, tidak hanya berdasar atas materi atau komersil semata*

    ReplyDelete
  22. Salah satu penyesalan masa laluku adalah tidak menekuni dunia blog dengan lebih serius sebelumnya. Dulu ngeblog masih sesukanya dan minim pembaca. Sekarang malah mencoba berkarir lewat blog. Agak terlambat, tapi semoga bisa mencapai di titik seperti mas don saat ini. Hahahaha.

    ReplyDelete
  23. Setuju kak, aku harus lebih rajin ya dan harus lebih meredeka!

    ReplyDelete
  24. Menurut para ahli, blog adalah masa depan internet, Mas.. Jadi profesi blogger sepertinya profesi yang menjanjikan. Aku sendiri ngeblog udah lama. Tapi baru 2 tahun yang lalu kalau ngeblog itu menghasilkan. Sukses buat ranseldony. Semoga impiannya tercapai..

    ReplyDelete
  25. mau juga dong dpat undangan hotel berbintang dengan benefit kayak gitu, ratusan dolar, wow wow wow
    mau banget.....

    ReplyDelete
  26. ya ampuuunnn ada inget jaman masih MIRC-an juga dulu hihihi... Btw, suka banget sama artikel ini terutama paragraf terakhir :)

    ReplyDelete
  27. Sekarang jadi Blogger bisa menghasilkan tak kalah dengan orang yang kerja kantoran. Dan saya setuju bangat dengan kalimatnya Mas Dony yang ini "Jangan angkuh, terus belajar dan bermitralah!"

    ReplyDelete
  28. Menjadi blogger merdeka yang bisa menulis bebas jelas mesti diwujudkan. Banyak kok klien yang mau negosiasi dan tak melulu harus memenuhi keinginan mereka. Malah seharusnya kita bisa kasih masukan baiknya gimana. iya, kan... Sukses selalu, kak. Terus belajar. Perluas jaringan. Jangan ketika tinggi menjadi lupa dengan asal muasal ya

    ReplyDelete
  29. Kerennya kakak yang satu ini, jalan-jalan terus euy. Tapi memang sih, jadi blogger juga tetap harus punya prinsip untuk bisa menulis dengan bahagia. Brief yang diberikan klien sebisa mungkin emang perlu dipenuhi, namun kalau tak sesuai, perlu juga sih dikomunikasikan kembali. Sukses dan sehat selalu ya, kakak

    ReplyDelete