Belanja Online

Dada Ayam Dengan Jamur, Aneka Resep Ayam Sehat

9:57 AM,2 Comments

Resep ini sempurna untuk makan malam keluarga Anda, juga cukup lezat untuk disajikan kepada para tamu. Aneka resep ayam satu ini, sangat serbaguna untuk disajikan dengan pendamping seperti mie mentega panas atau nasi. Sayuran kukus atau panggang akan melengkapi makanan Anda, atau mulai dengan salad hijau segar.

Anda bisa menggunakan jamur apa saja untuk hidangan ini. Jamur budidaya khas yang Anda lihat di toko bahan makanan adalah jamur kancing atau cremini. Saat dewasa, mereka dikenal sebagai jamur portobello.

Anda bisa membuat hidangan ini dengan satu jenis jamur atau medley varietas. Pastikan untuk menumisnya cukup lama agar semuanya lunak. Anda bisa menggunakan jamur kalengan, namun Anda tidak akan mendapatkan rasa yang sama seperti saat memasak menggunakan jamur segar.

Bahan-bahan

     4 (5 ons) bagian dada ayam (tanpa tulang, dengan kulit dihilangkan)

     1/3 cangkir tepung

     1/8 sendok teh merica (baru digiling)

     1/4 sendok teh bubuk bawang putih

     1/8 sendok teh paprika

     2 sendok makan minyak zaitun

     1 sendok makan mentega

     sejumput garam

     4 ons jamur (diiris segar)

     4 batang daun bawang (iris)

     2 sendok makan jus lemon (segar)

     Hiasan: peterseli (baru dicincang)

Cara untuk Membuatnya

  1. Kumpulkan bahan-bahannya.
  2. Tempatkan bagian dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit di antara lembaran plastik pembungkus; tumbuk perlahan dengan palu untuk menipiskannya.
  3. Dalam kantong penyimpanan makanan plastik, campurkan tepung, merica, bawang putih bubuk, dan paprika. Tambahkan ayam dan kocok agar terlapisi dengan baik; kocok campuran tepung berlebih. Buang kantong dan isinya setelah mengeluarkan dada ayam.
  4. Dalam wajan besar, panaskan minyak zaitun dan mentega dengan api sedang. Tambahkan dada ayam dan tumis selama 3 hingga 4 menit per sisi. Balik ayam dan taburi dengan sedikit garam. Letakkan dada ayam yang sudah matang di atas piring dan tutupi dengan aluminium foil agar tetap hangat.
  5. Tambahkan jamur yang sudah diiris ke dalam wajan dengan sedikit mentega lagi, jika perlu. Tumis selama 3 menit, sampai berwarna kecoklatan dan empuk. Tambahkan irisan daun bawang dan tumis 1 menit lagi. Tambahkan jus lemon; didihkan selama 1 menit. Masukkan kembali ayam ke dalam wajan; didihkan selama 1 menit lebih lama.
  6. Angkat ayam dari wajan dan tata di atas piring saji. Tuang saus dan jamur di atas ayam dan hiasi dengan peterseli cincang.
  7. Sajikan dan nikmatilah!

Tips:

Simpan sisa makanan yang tertutup di dalam lemari es. Panaskan kembali dalam microwave untuk dinikmati saat makan siang atau makan malam keesokan harinya. Anda juga bisa mengiris ayam yang dimasak dingin dan menambahkannya ke salad.

Dada ayam dengan almond, aneka resep ayam gurih

Jika Anda mencari resep ayam yang sederhana namun istimewa, hidangan mudah ini adalah pilihan yang sangat baik. Dada ayam tanpa tulang dimasak dengan mentega dan sedikit rosemary dan bumbu lainnya dan disajikan dengan kacang almond tumis.

 

Kacang almond yang biasanya hanya dimakan sebagai camilan sehat, akan menambah kelezatan jika dicampurkan dengan resep ini.

Bahan

     6 sendok makan mentega

     1/2 cangkir irisan almond (atau irisan almond)

     1/4 cangkir tepung serbaguna

     1/4 sendok teh rosemary kering (hancurkan)

     1/4 sendok teh garam Kosher (atau sesuai selera)

     1/4 sendok teh merica bubuk

     6 sampai 8 dada ayam tanpa tulang (dibelah dua, kulit dihilangkan)

     4 batang daun bawang (cincang)

     1 siung bawang putih (cincang)

Langkah-langkah untuk Membuatnya

  1. Kumpulkan bahan-bahannya.
  2. Panaskan mentega di atas api sedang dalam wajan besar. Saat mentega panas, tambahkan almond. Masak sambil diaduk sampai almond berwarna kecoklatan dan mengeluarkan aroma.
  3. Angkat almond ke piring atau mangkuk dengan sendok berlubang atau spatula, sisakan mentega di wajan. Sisihkan almond.
  4. Campurkan tepung, rosemary, garam, dan merica dalam mangkuk.
  5. Celupkan bagian dada ayam ke dalam adonan tepung.
  6. Panggang Ayam hingga cokelat di atas api sedang dalam mentega yang disimpan selama sekitar 4 hingga 5 menit di setiap sisi.
  7. Tambahkan daun bawang dan bawang putih ke dalam wajan dan masak selama 1 menit lebih lama.
  8. Tutup wajan dan kecilkan api dan biarkan mendidih selama 15 menit, atau sampai ayam matang.
  9. Dengan sendok berlubang atau spatula, pindahkan ayam ke piring saji; tetap hangat.
  10. Campur almond yang sudah matang dengan bumbu ayam yang sudah ada. Cicipi dan sesuaikan bumbu.
  11. Sendokkan campuran almond di atas ayam.
  12. Sendokkan almond di atas ayam
  13. Sajikan dengan nasi panas, dan nikmatilah! 

Tip

Saat memasak dengan bahan dada ayam, daripada menggunakan seluruh dada ayam, lebih baik potong menjadi dua memanjang (yaitu dengan bilah pisau Anda sejajar dengan talenan) untuk menghasilkan dua irisan daging ayam yang lebih rata. Ini akan menghasilkan tingkat kematangan yang lebih merata.

 

 

 

You Might Also Like

2 comments:

  1. untuk Resep Ayam Sehat menurut sidikul ini udah sangat pas banget.

    ReplyDelete
  2. wah, boleh dicoba untuk cemilan saat karantina :D terimakasih resepnya kak

    ReplyDelete