ASUS

Membuat Konten Youtube Sepenuh Hati Memanfaatkan Teknologi

5:59 AM,6 Comments



http://www.uniekkaswarganti.com/2017/05/ASUS-E202-blog-competition-produktif-dan-kreatif-di-mana-saja-dengan-notebook.html

Saya dibujuk teman saya untuk membuat konten youtube. Bukannya tidak tertarik namun saya lebih merasa tidak siap karena saya berpikir, untuk membuat sesuatu, perlu ada keseriusan dan perlu pengerjaan yang mendalam dengan proses yang panjang dan harus menghasilkan video yang bagus dan layak tayang. Bukan abal-abal yang memenuhi dunia youtube. Sudah banyak kita lihat konten yang boleh dibilang “sampah”. Tapi dua bulan terakhir ini, saya tertantang untuk belajar dari nol. Membuat karya agar bisa dikenang sepanjang masa.


Walaupun durasinya paling lama hanya 10-15 menit tapi butuh effort yang luar biasa untuk mengerjakannya. Harus memiliki konsep yang jelas dan tentunya juga sesuai dengan passion dan hobi. Saya sendiri bukan tipe pengejar uang dari konten youtube yang dibuat. Saya lebih banyak ingin berbagi dan memberikan solusi dari berbagai pertanyaan seputar traveling dan kuliner.

Tentu saja, menyediakan konten yang dibutuhkan perlu mempelajarinya. Dalam dua bulan terakhir ini, saya mencoba mengisi konten youtube dengan hal yang berguna bagi pengunjung saluran tukang jalan jajan. Apa saya yang saya sajikan dan bagaimana saya membuatnya? Saya mencoba berbagi berdasarkan pengalaman saja. Masih dalam tahap belajar dan terus belajar tanpa berhenti.

Konten yang Menarik dan Berguna
Saya memulai 3 hal dalam membuat konten. Bisa dilakukan oleh siapa saja dan tentu bisa meningkatkan engagement dengan para penonton.


  • Create, hal paling penting untuk menentukan tema yang akan dibuat.
  • Collaborate, kolaborasilah dengan orang yang paham dengan topik yang dibawakan agar pesan yang ingin disampaikan semakin kuat.
  • Curate atau kurasi, selain jumlah view pemilik konten harus bisa melakukan kombinasi parameter pengukuran seperti lamanya video ditonton, jumlah share, jumlah komentar dan lainnya

Beberapa tulisan yang saya baca, membuat konten seperti story telling juga sangat diminati oleh orang Indonesia. Budaya menonton sinetron jadi tolak ukurnya. Web series ditambah dengan sentuhan drama dan humor pasti menarik. Hal ini menegaskan bahwa video panjangpun diminati asal konten yang dibuat menarik sehingga penonton “terikat” dengan konten yang dibuat. Apalagi sekarang paket kuota internet tidak semahal dulu.

Kualitas Video dan Kata Kunci
Selain membuat konten durasi yang panjang dan menarik, jangan lupa dengan kualitas video yang dibuat. Di jaman sekarang fasilitas untuk membuat video berkualitas HD (high definition), atau hasil rekam dengan resolusi tinggi sangatlah mudah di jumpai. Walaupun hasil rekaman dengan ponsel, sudah cukup menghasilkan resolusi 480p (Minimal). Jika anda membuat video screenshot (untuk video tutorial dan sejenisnya) gunakanlah software yang mendukung yang menghasilkan video dengan resolusi yang bagus (di atas 480p) HD.

Kata kunci juga jadi hal penting untuk ditambahkan. Kita bisa membuat video yang berhubungan dengan apapun, tetapi tentukanlah target untuk "kata kunci video" yang terkait dengan judul dalam video anda. Semisal saya membuat video tentang kuliner, gunakanlah judul yang tepat untuk video tentang kuliner tersebut. Cari kata kunci yang sedang trend dan jangan lupa lihat persaingannya.


Teknologi pendukung
Bagian terpenting yang tidak boleh dilupakan. Selain mempersiapkan materi yang menarik sangat penting untuk memilih tipe kamera yang bagus. Karena tadi saya sempat menyinggung mengenai kualitas video memegang peranan yang besar dalam menentukan layak tidaknya gambar yang diambil untuk di-upload ke Youtube, mengingat hal ini turut mempengaruhi kenyamanan penonton dalam menonton video dalam channel Youtube kita.
ASUS E202 menggunakan sistem operasi Windows 10 atau DOS
ASUS E202 menggunakan sistem operasi Windows 10 atau DOS
Itulah sebabnya kenapa jenis kamera menjadi bagian lainnya yang perlu diperhatikan. Ada beberapa jenis kamera yang banyak digunakan oleh para Youtuber dalam pembuatan Vlog, dimana sebagian besar memiliki kualitas yang bagus. Saya sendiri menggunakan kamera DSLR dengan bantuang tripod dan juga lensa fix 50mm serta boom mic untuk membantu menangkap suara.

ASUS E202 memiliki touchpad yang lega dan membuat nyaman bekerja
ASUS E202 memiliki touchpad yang lega dan membuat nyaman bekerja
Notebook sebagai alat pendukung juga harus bisa mendukung proses editing. Saya masih menggunakan aplikasi sederhana seperti Windows Movie Maker dan beberapa aplikasi pelengkap lainnya. Sekarang saya berandai-andai untuk memiliki notebook baru dan berharap bisa memiliki ASUS E202 untuk melengkapi seluruh “senjata” membuat konten di channel Youtube saya. Ada beberapa alasan sederhana kenapa saya merasa cocok dipandangan pertama.

ASUS E202 menggunakan teknologi ASUS SonicMaster
ASUS E202 menggunakan teknologi ASUS SonicMaster
Sebagai penggemar warna biru, ASUS E202 memiliki dua pilihan warna biru yaitu Dark Blue dan Thunder Blue serta beberapa warna lain yaitu Silk White dan Red Rouge. Bekerja dengan sistem operasi Windows 10 atau DOS memiliki ukuran 12 inci saja. Lebih kecil dari ukuran kertas A4 dengan dimensi 193 x 297 mm sehingga mudah disimpan dan dibawa kemana-mana.

ASUS E202 memiliki daya tahan baterai hingga 8 jam
ASUS E202 memiliki daya tahan baterai hingga 8 jam
Paling tidak saat saya harus mengedit langsung saat traveling akan mudah dibawa kemana-mana. Apalagi ASUS E202 ini menggunakan prosesor Intel hemat daya dengan masa aktif baterai hingga 8 jam dan memiliki port USB 3.1 Type-C yang sangat menghemat waktu, karena USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0. . Rasanya sudah tidak sabar untuk mencobanya langsung.

ASUS E202 ukurannya tidak lebih besar dari ukuran kertas A4
ASUS E202 ukurannya tidak lebih besar dari ukuran kertas A4
Teknologi fanless yang membuat ASUS E202 nyaman digunakan dan tidak menimbulkan suara ribut. Bekerja tengah malam pun jadi aman tanpa mengganggu tidur orang lain. Tidak sabar rasanya untuk bisa memiliki dan membuat konten youtube langsung di ASUS E202 . Begitu kelar, langsung upload dan share ke semua jejaring sosial deh. Cepat dan nyaman!

Nah Mommy Uniek, semoga bisa diwujudkan mimpi ini. Jadi rejeki setelah lebaran. Amin!

ASUS E202 favorit yang berwarna Thunder Blue
Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

You Might Also Like

6 comments:

  1. Terima kasih sudah ikutan #E202BlogCompetition. Good luck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wish me luck ya mbak hehehehe *bacain mantar buat jurinya*

      Delete
  2. akhirnya asus ngeluarin notebook baru lagi yah, kalau boleh tahu harganya berapaan tuh bro? dari gambarnya dan previewnya keliatan keren banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya mulai dari 3.099.000 mas.....

      Delete
  3. ASUS itu keren abis apalagi warna putih umupeng banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pengen yang warna biru. sepertinya untu banget hehehe

      Delete